Post It!   Leave a comment

Hmmm, lingkungan baru nih.. Satu bulan lebih aku kerja di Jakarta shity, eh maksudnya Jakarta city, hehe.. Awal-awal masuk kantor agak membingungkan, biasalah adaptasi dulu. Belum banyak perkerjaan, soalnya notabene kantor sekarang juga lagi gencar ksana kemari presentasi produk n penawaran harga. Kontraktor nih, tentunya berkaitan dengan proyek. Semoga banyak yang approved, aminn..

Disuatu siang pas lagi nyantai gitu, biasalah aku iseng-iseng aja di meja ruanganku. Baca-baca artikel akuntansi, OL-an (oops..), nyicil sesuatu, atau cuman bengong (toweweng!). Ceritanya lagi nulis-nulis catetan kecil di kertas tempel, biar komputernya rada asyik dikasi tempelan, hehe.. Pas udah selesai nempel-nempel, aku iseng liat-liat tu kertas tempel. Heran aja gitu, siapa ya yang bikin ato punya ide ginian. Temen-temen yang di kantor atau di mana aja yang sering menggunakan kertas tempel jenis kaya gitu pasti tau dong. Salah satu merk namanya Post-it, ada juga Pronto, Stick Note. Yang paling terkenal sih kayaknya si Post It itu tuh. Terbukti salah satu teman di kantor waktu nyari kertas tempel bilang gini, “Sa, Post-it-nya mana?”.

Masih bengong aja nih sambil heran aku pegang tu kertas tempel, aku liat-liat, aku ambil, terus ditempelin, kalo diambil lagi, kertas tempel tadi gak meninggalkan bekas di tempat/barang yang ditempeli tadi.
Beberapa hari kemudian, aku iseng-iseng donlot e-book, judulnya “Boleh Dogn Salah”, eitss, gak ada yang salah lho, emang judulnya gitu, kata “Dogn”-nya dibikin kebalik huruf N dengan G-nya. Nahh, dari buku itu, terjawab sudah keherananku tentang Post-it tadi. Buku itu bercerita tentang normalnya kita sebagai manusia dalam melakukan kesalahan, dengan disertai perbaikan dan berbagai pelajaran yang tersirat dari kesalahan tadi. Simpel tapi bagus. Karya Irfan AmaLee.
Jawaban tentang Post-it tadi gini nih..Simak yahh..;)
Ceritanya dimulai pada 1970 ketika Spencer Silver sedang melakukan penelitian di laboratorium kerjanya pada perusahaan 3M, sebuah industri kimia yang menghasilkan berbagai jenis lem dan alat perekat. Silver ditugaskan untuk meramu formula lem jempolan yang daya rekatnya kuat abis. Eeeh …, apa mau dikata. Ternyata, hasil ramuannya jauh dari apa yang direncanakan. Lem racikan Silver malah memiliki daya tempel yang sangat payah. Bukan hanya itu, lem itu sangat sulit kering. Meskipun lem racikan Silver nggak dilempar ke tong sampah, nggak ada yang tahu akan diapakan lem tersebut. Hingga pada Minggu pagi, empat tahun kemudian, suatu peristiwa penting terjadi. Seorang peneliti 3M rekan kerja Silver bernama Arthur Fry sedang menyanyi di gereja. Dia membutuhkan kertas-kertas kecil untuk menandai buku nyanyiannya. Tetapi, dia ingin kertas itu bisa menempel pada buku tersebut sekaligus bisa dilepaskan lagi tanpa meninggalkan bekas yang merusak kertas tersebut. “Tring!” Maka, ia teringat pada lem yang empat tahun lalu diracik oleh Silver. Fry hanya memerlukan sedikit eksperimen untuk menciptakan produk itu sebelum akhirnya produk yang diberi nama Post-it! Post-it ini dipasarkan oleh perusahaan 3M ke seluruh penjuru dunia pada 1980. Kini, kertas Post-it itu bisa kita temukan menempel di buku-buku, komputer, dan hampir di semua ruang kerja, kantor, serta rumah-rumah di seluruh dunia. Perusahaan 3M mendapat keuntungan yang sangat besar dari penjualan
produk ini. Nggak ada yang menduga kalau sebuah kesalahan bisa menghasilkan uang jutaan dolar dan melahirkan sebuah benda yang punya fungsi. Spencer Silver melakukan kesalahan dan Arthur Fry menemukan sisi lain dari kesalahan itu. Karena itulah, nama Fry lebih dikenal dan sering disebut-sebut sebagai pencipta Post-it daripada Silver yang menemukan formula lem itu.
Coba deh lihat di web www.Post-it.com
Terjawab sudah pertanyaanku tadi, Malah dari buku yang aku baca tadi juga punya pesan yang bagus. Intinya dari balik cerita Post-it tadi, kesalahan tak selamanya merugikan, jika kita bisa belajar pesan penting dari kesalahan yang sudah terjadi, bisa jadi kita dapet nilai plus, kaya si Spencer n Fry tadi.. Ya kan??
Wahh, gak percuma nih aku bengong-bengong di kantor malah dapet inspirasi. Hehee🙂
(nyengirr nih!)

Posted February 1, 2013 by liswonderland in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: